October 10, 2022

CSR Asuransi Sinar Mas Jadi Faktor Unggulan Kompetitif Perusahaan dan Penguatan Moral

Overview ISO 260002010

CSR Asuransi Sinar Mas Jadi Faktor Unggulan Kompetitif Perusahaan dan Penguatan Moral. Sejak 2013 PT Asuransi Sinar Mas telah menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR). Terlebih sata pandemi Covid-19 hampir setiap bulan perusahaan mengadakan program ini untuk membantu masyarakat terdampak. Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk tanggung jawab terhadap sosial/lingkungan. Implementasi CSR (di Indonesia masih membutuhkan perhatian semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, dan perusahaan. Banyak perusahaan yang masih belum mengimplementasikan CSR. Perusahaan masih menganggap CSR tidak memberikan kontribusi positif terhadap keberlangsungan perusahaan. Padahal sesuai dengan UU, CSR melekat secara inherent dengan manajemen perusahaan, sehingga bidang kegiatan dalam CSR masih dalam kontrol manajemen.

CSR dapat dijadikan sebagai unggulan kompetitif perusahaan. Keunggulan kompetitif yang dimaksudkan adalah perusahaan dapat mengungguli kompetitornya pada tujuan utamanya dengan kata lain CSR dapat dijadikan pembeda. Kegiatan CSR yang dilakukan PT Asuransi Sinar Mas diantaranya berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, wakaf Al aur’an, bazaar minyak goreng, penanaman pohon untuk penghijauan, donor darah, potong rambut gratis, dan lain-lain.

Pada awal tahun 2021, PT Asuransi Sinar Mas berkolaborasi dengan Synergy Solusi sebagai partner konsultan dalam melakukan improvement dan penerapan CSR-nya yang mengacu pada pedoman ISO 26000:2010. Tujuan perusahaan pada penerapan CSR dengan pedoman ISO 26000:2010 diantaranya berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan global dengan mendorong bisnis dan organisasi lain untuk mempraktikkan tanggung jawab sosial untuk meningkatkan dampak mereka terhadap pekerja, lingkungan alam, dan komunitas mereka.

Dalam jangka panjang, semua aktivitas CSR yang dijalankan ini bergantung pada kesehatan ekosistem dunia. Organisasi menjadi sasaran pengawasan yang lebih cermat oleh berbagai pemangku kepentingan mereka. Persepsi dan realitas kinerja organisasi terhadap tanggung jawab sosial dapat mempengaruhi antara lain:

  • Keunggulan kompetitifnya
  • Reputasinya
  • Kemampuannya untuk menarik dan mempertahankan pekerja atau anggota, pelanggan, klien atau pengguna
  • Pemeliharaan moral, komitmen dan produktivitas karyawan
  • Pandangan investor, pemilik, donor, sponsor dan komunitas keuangan; dan hubungannya dengan perusahaan, pemerintah, media, pemasok, rekan kerja, pelanggan, dan komunitas tempatnya beroperasi.

Dalam menjalankan proyek ini Synergy Solusi menggunakan beberapa strategi yang dijalankan agar penerapan CSR berbasis ISO 26000:2010 ini dapat mencapai tujuan PT Asuransi Sinar Mas dengan cara

  1. Pendekatan Proses Bisnis, dengan cara memetakan terlebih dahulu proses bisnis yang ada di organisasi klien, untuk menjamin bahwa semua proses dan aktifitas dalam perusahaan dapat tercakup di dalam sistem manajemen yang akan diterapkan.
  2. Pendekatan Nilai Tambah, yang selalu menekankan nilai tambah dalam setiap kegiatan konsultasi, yang diberikan.
  3. Pengelolaan perubahan, untuk mereduksi hambatan-hambatan kultural dalam implementasi sistem baru/sistem yang telah diperbaiki.

Cakupan evaluasi CSR yang akan dilakukan seperti skema di bawah ini:

Overview ISO 26000:2010

Overview ISO 26000:2010

Rate this post
Bagikan halaman ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Submit