July 5, 2022

Process Safety Vs Occupational Safety

process safety

Process Safety dan Occupational Safety adalah hal yang berbeda dan sudah diketahui oleh masyarakat luas terlebih oleh pekerja dibidang safety. Dalam DOE atau (Department of Energy) Handbook, yang dimaksud dengan keselamatan proses adalah any on site activity that involves a highly hazardous chemical, including any use, storage, manufacturing, handling, and/or movement of a highly hazardous chemical.

Jadi, Process Safety Mencakup semua kegiatan yang terkait dengan bahan kimia berbahaya seperti penggunaan, penyimpanan, penyimpanan, pemrosesan, dan pengangkutan. Process Safety mengacu pada proses kimia, yaitu metode atau metode untuk memodifikasi satu atau lebih bahan kimia. Perubahan dapat terjadi dengan sendirinya atau dengan bantuan dari luar dan melibatkan reaksi kimia.

Bagaimana perbedaan antara keselamatan proses (process safety) dengan keselamatan dan kesehatan kerja (occupational health and safety)?

Dalam industri proses , ada tiga faktor penting yang perlu dikelola untuk alasan keamanan.

  • Pertama adalah unsur manusia yang melakukan kegiatan baik sebagai operator, pengawas atau manajemen..
  • Elemen kedua adalah tanaman. Ini mencakup seluruh sistem proses untuk menghasilkan produk yang diinginkan.
  • Faktor ketiga adalah lingkungan di dalam dan di luar fasilitas, yang harus dijaga keamanannya untuk kegiatan.

Ketiga elemen ini terkait erat.

Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja, atau lebih dikenal dengan K3, menitik beratkan pada keselamatan pekerja dari bahaya yang terkait dengan kegiatan yang dapat menyebabkan cedera dan penyakit akibat kerja. Process Safety, di sisi lain, berfokus pada keselamatan peralatan, sehingga bebas dari kerusakan, pembakaran, ledakan, dan kegagalan. Ini, tentu saja, juga mempengaruhi keselamatan manusia dan lingkungan.

Selama ini pengawas K3 kurang memperhatikan keselamatan proses. Bahkan, pengawas K3 jarang terlibat dalam masalah operasional pabrik atau pabrik. Hal ini memudahkan munculnya aspek keselamatan proses yang harus ditangani secara komprehensif selain aspek keselamatan pekerja.

Process Safety merupakan bagian dari pengendalian operasional karena berkaitan langsung dengan fungsi operasional yang dilakukan oleh pabrik atau plant dalam pelaksanaannya. Mereka (menjalankan pabrik) berada di garis depan dalam menerapkan Process Safety. K3 pada umumnya berada di luar lingkup fungsi operasional dan mengawasi serta membimbing aspek K3 dalam pelaksanaan pekerjaan seperti pemeliharaan dan konstruksi.

Aspek keselamatan dari proses juga harus dimulai pada tahap desain sepanjang siklus hidup pabrik atau proses. Fitur keselamatan harus dilibatkan dalam menilai tingkat keselamatan dan keandalan peralatan, termasuk kepatuhan terhadap standar yang berlaku.

Di sisi lain, aspek K3 biasanya dimulai ketika pabrik atau pabrik sudah berdiri dan berjalan. Saat itu, hanya fungsi K3 yang dibangun dan diselesaikan, sehingga fungsi K3 sering tidak memahami proses desain dan operasi pabrik.

Process Safety VS Occupational Health & Safety

Process Safety VS Occupational Health & Safety

Process Safety dan Keselamatan Kerja Implementasi memastikan keandalan dan keamanan proses. Anda dapat menghindari potensi kecelakaan akibat aktivitas proses yang dapat merugikan pekerja dan lingkungan.

Sumber

Synergy Solusi Surabaya menyelenggarakan

Berbagai macam Pelatihan Setiap Bulannya!

Segera Daftarkan diri anda ke Contact Person Kami

Iqbal |¬†[email protected]¬†|¬†08119334860

Rate this post
Bagikan halaman ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment