Synergy Events

Penanggulangan kebakaran adalah segala upaya untuk mencegah timbulnya kebakaran dengan berbagai upaya pengendalian setiap perwujudan energi, pengadaan sarana proteksi kebakaran dan sarana penyelamatan serta pembentukan organisasi tanggap darurat untuk memberantas kebakaran. Dalam penanggualangan kebakaran di perusahaan terdapat personil yang berperan sebagai petugas peran kebakaran. Petugas peran penanggulangan kebakaran sendiri meruapakan petugas yang ditunjuk dan diserahi tugas tambahan untuk mengidentifikasi sumber-sumber bahaya dan melaksanakan upaya-upaya penanggulangan kebakaran.

Ketentuan mengenai P3K di tempat kerja diatur melalui Permenaker Nomor 15 Tahun 2008 tentang , di dalam peraturan tersebut ditegaskan bahwa Pengurus/Pengusaha wajib melaksanakan P3K di tempat kerja  dengan:

  1. Menyediakan petugas P3K dan
  2. Fasilitas P3K di tempat kerja.

Petugas P3K di tempat kerja adalah pekerja yang ditunjuk oleh pengurus/pengusaha dan diserahi tugas tambahan untuk melaksanakan P3K di tempat kerja.

Fasilitas P3K di tempat kerja adalah semua peralatan, perlengkapan, dan bahan yang digunakan dalam pelaksanaan P3K di tempat kerja.

Petugas P3K di tempat kerja mempunyai tugas:

  1. Melaksanakan tindakan P3K di tempat kerja;
  2. Merawat fasilitas P3K di tempat kerja;
  3. Mencatat setiap kegiatan P3K dalam buku kegiatan; dan
  4. Melaporkan kegiatan P3K kepada pengurus.

Petugas P3K dalam melaksanakan tugasnya dapat meninggalkan pekerjaan utamanya untuk memberikan pertolongan bagi pekerja atau orang lain yang mengalami sakit atau cidera di tempat kerja.

Synergy Solusi Indonesia telah menggelar pelatihan publik Petugas P3K serifikasi Kemnaker RI. Pelatihan ini berlangsung dengan metode blended training sesuai dengan ketentuan prosedur pelaksanaan pelatihan dari Kemnaker RI. Teori dilaksanakan dengan metode kelas virtual (online). Sedangkan praktek dilaksanakan dengan metode kelas (offline). Namun, meski begitu, pelaksanaan offline tetap mengacu pada protokol kesehatan yang ketat. Pelatihan berlangsung selama 3 (tiga) hari pada 2-4 Juni 2021.

Ingin mengikuti pelatihan tersebut, namun takut tertinggal agendanya? Jangan khawatir, pelatihan kami akan hadir setiap bulan. Dengan topik-topik pelatihan lainnya yang tidak hanya menarik, tetapi juga sangat bermanfaat bagi produktivitas anda.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri anda melaui narahubung berikut :

Surabaya dan Indonesia Timur : Astrid | 08111798353 | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Jakarta dan Sekitarnya : Fahri | 0811-9334-860 | This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Memahami cara menggunakan forklift dengan aman tentunya menjadi hal yang wajib diketahui oleh tiap operator. Sebab alat berat yang satu ini sangat berbahaya dan termasuk salah satu penyebab kecelakaan kerja paling banyak dan paling mematikan dalam lingkungan industri. Jika dilihat, mengendarai forklift memang seperti mengendarai truck atau kendaraan berat lainnya. Tapi bedanya, forklift merupakan alat berat yang dikendarai di dalam ruangan, dengan medan yang lebih sempit.


Bekerja pada ketinggian adalah kegiatan atau aktifitas pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kerja pada tempat kerja di permukaan tanah atau perairan yang terdapat perbedaan ketinggian dan memiliki potensi jatuh yang menyebabkan Tenaga Kerja atau Orang Lain yang berada di tempat kerja Cidera atau Meninggal dunia atau menyebabkan kerusakan harta benda.

Jatuh dari ketinggian adalah salah satu penyebab paling umum kematian di situs konstruksi, tetapi dalam setiap jenis bisnis, bekerja di ketinggian adalah kegiatan berisiko tinggi. Bekerja dari tangga, perancah dan platform adalah contoh yang jelas, tetapi ada lebih banyak kegiatan di mana orang diminta untuk bekerja di ketinggian. Contohnya termasuk bekerja pada atap, cerobong, lubang dan bangunan. Bahkan mengubah lampu langit-langit di kantor melibatkan bekerja di ketinggian.

Page 1 of 3