January 18, 2022

Klasifikasi Ketel Uap (Boiler)

Boiler adalah alat yang memanaskan cairan dari keadaan cair menjadi campuran atau bahkan uap dengan menggunakan metode pembakaran luar (external combustion). Ketel yang umum digunakan adalah ketel uap (steam boilers) yang biasa digunakan pada pembangkit listrik, namun ketel uap itu sendiri dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Klasifikasi boiler dijelaskan secara rinci di bawah ini.

Fire Tube Boiler

Fire Tube Boiler adalah jenis boiler yg relatif tua, dimana gas panas output pembakaran dilewatkan dalam tube, ad interim air berada pada sisi shell, sebagai akibatnya terjadi perpindahan panas yg menyebabkan air berubah sebagai uap. Fire tube boiler adalah boiler yg porto penggunaannya nisbi murah, gampang dioperasikan & mempunyai efisiensi pembakaran yg bagus. Tetapi terbatas hanya buat kapasitas yg rendah lebih kurang 2,5 tons/jam, menggunakan tekanan 17,5 kg/cm2 . Bahan yg dipakai bisa berupa gas, minyak bakar atau bahan bakar padat.
Gambar1- Fire Tube Boiler

Water Tube Boiler

Water Tube Boiler mempunyai proses, Berbanding terbalik dengan fire tube boiler, dimana air yang dialirkan di dalam tube, sedangkan proses pembakaran berada di luar tube (shell). Boiler ini dapat berupa tipe tunggal atau ganda. Pada boiler ini tekanan yang terjadi pada uap relatif tinggi sehingga sering dimanfaatkan dalam pembangkit. Kapasitas uap dapat mencapai 4.500 – 12.000 kg/jam. Untuk pembakaran menggunakan bahan bakar minyak bakar atau gas, water tube boiler disediakan dalam bentuk paket. Namun untuk penggunaan boiler berbahan bakar padat, umumnya belum tersedia dalam kemasan. Jenis boiler ini memungkinkan efisiensi termal yang lebih tinggi, tetapi kurang tahan terhadap kualitas air yang dipasok dari instalasi pengolahan air.

 

Gambar 2-Water Tube Boiler

 

 

Packaged Boiler

Sesuai dengan namanya, boiler ini disediakan dalam bentuk paket oleh industri manufaktur boiler. Selain itu, untuk mengoperasikan boiler cukup menambahkan pipa uap, pipa air, saluran bahan bakar dan peralatan listrik. Umumnya boiler ini berbentuk tube bundle, dan prinsip pengoperasiannya sama dengan fire tube boiler yaitu dapat mentransfer baik panas pancaran maupun panas konveksi dengan baik. Beberapa fitur boiler kompak adalah:

  • Sistem forced atau induced draft menghasilkan pembakaran dengan efisiensi yang baik
  • Perpindahan panas secara konveksi relatif baik akibat dari banyaknya tube berdiameter kecil pada boiler ini
  • Ruang pembakaran yang kecil dan tingginya temperatur pembakaran sehingga evaporasi relatif lebih cepat
  • Perpindahan panas secara keseluruhan yang baik akibat terdapat sejumlah lintasan /pass.
  • Efisiensi termal yang relative lebih tinggi daripada boiler lainnya

 

Gambar 3- Packaged Boiler

 

Pada boiler ini, klasifikasinya didasarkan pada jumlah pass, yaitu seberapa sering gas pembakaran melewati boiler. Secara umum jenis boiler yang umum digunakan adalah 3-pass unit dengan 2 set pipa cerobong asap dan knalpot dari bagian belakang boiler.

Synergy Solusi menyelenggarakan

Berbagai macam Pelatihan dengan Sertifikasi Kemnaker RI Setiap Bulannya!

Segera Daftarkan diri anda ke Contact Person Kami

Iqbal | [email protected] | 08119334860

5/5 - (1 vote)
Bagikan halaman ini :

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Submit