Sistem Manajemen dan Audit Energi Industri

Sektor industri sebagai pengguna energi besar terbukti masih kurang efisien dalam menggunakan energi, yang ditunjukkan oleh intensitas energinya yang masih tergolong tinggi. Namun pada sektor tersebut mulai tumbuh kesadaran untuk melakukan penghematan energi, tetapi pelaksanaannya masih terbatas antara lain belum diterapkannya manajemen energi.

Training Auditor Energi Industri Berdasarkan SKKNI-BNSP

Latar Belakang
Seiring pembangunan ekonomi, permintaan energi kita terus meningkat pesat. Selama kurun waktu tahun 2000 – 2010, permintaan energi tumbuh rata-rata sebesar 7 % per tahun. Dari s1s1 penyediaan, laju pertumbuhannya belum dapat mengikuti pertumbuhan permintaan. Kondisi pertumbuhan energi tersebut semakin memperlebar kesenjangan antara sisi permintaan dan penyedian energi, yang berujung pada terjadinya krisis energi di beberapa wilayah.

Manajemen dan Audit Energi Listrik Industri

Energi listrik sudah menjadi energi utama untuk menggerakkan mesin-mesin produksi di industri. Banyak sudah mesin di industri yang sebelumnya menggunakan sember energi berupa gas atau bahan bakar minyak (BBM) digantikan oleh mesin-mesin yang memanfaatkan energi listrik. Pergantian basis energi ini mengarahkan industri untuk menuju ke kondisi yang lebih paktis dan efisien.

Regulasi Manajemen Energi

Kepmenaker No.80 Tahun 2015 SKKNI

Permen ESDM No. 14 Tahun 2012

PP No. 79 Tahun 2014

UU No. 30 Tahun 2007

Kepmenaker No.614 Tahun 2012 SKKNI

Permen ESDM No. 50 Tahun 2017

SKKNI 2012-614

UU No. 30 Tahun 2009

Permen ESDM No. 13 Tahun 2012

PP No. 70 Tahun 2009

UU No. 20 TAHUN 2014

Manajer Energi Industri Berdasarkan SKKNI-BNSP

Latar Belakang
Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomer 70 tahun 2009 dan Peraturan Meneteri ESDM nomer 14 tahun 2012 semua perusahaan yang mengkonsumsi energi lebih dari 6.00 ToE diwajibkan untuk memiliki manajer energy yang telah disertifikasi. Training manajer energi ini akan membantu kandidat (calon) manajer energi mempersiapkan diri menghadapi assessment berupa tes tertulis dan wawancara oleh assessor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Training yang dilakukan oleh Synergy Solusi akan disajikan dalam bentuk yang unik di mana para peserta training tidak hanya akan mendapatkan materi pelatihan, namun juga akan dilakukan simulasi berupa tes tertulis dan wawancara layaknya assessment sebenarnya.

Training Pengantar Implementasi Sistem Manajemen Energi berdasarkan ISO 50001:2011

Latar Belakang
Isu terkait biaya energi dan pengaruhnya terhadap emisi, udara ambien dan perubahan iklim, membuat organisasi di Indonesia perlu menerapkan program sistem manajemen energi berdasarkan hasil audit energi dan kebijakan yang telah ditetapkan. ISO 50001:2011 merupakan standar yang mengatur tentang sistem manajemen energi pada suatu organisasi. Pada pelatihan ini, peserta akan mempelajari konsep Plan, Do, Check, dan Act (PDCA) yang terdapat pada ISO 50001:2011, dan mempelajari bagaimana konsep tersebut dapat diimplementasikan dalam suatu organisasi.

Audit Energi Listrik

Kebakaran menjadi momok tersendiri di kalangan pengusaha lantaran kejadian kebakaran dapat memberikan kerugian yang luar biasa banyaknya. Berdasarkan data yang dihimpun dari statistic.jakarta, 74% kebakaran terjadi karena korsleting listrik di Jakarta. Kabel yang rusak dan kerusakan pada peralatan listrik sering kali menjadi biang keladi korsleting listrik.