May 2, 2023

Apa Itu ISM Code?

ISM CODE adalah

Pendahuluan

ISM Code atau International Safety Management Code adalah sebuah standar keselamatan internasional bagi kapal-kapal di seluruh dunia. Standar ini diberlakukan oleh Organisasi Maritim Internasional (IMO) dan dirancang untuk memastikan bahwa kapal-kapal yang beroperasi di perairan internasional menerapkan sistem manajemen keselamatan yang efektif.

Latar Belakang

Pada tahun 1987, kapal tanker MV Torrey Canyon tenggelam di lepas pantai Inggris, menyebabkan bocornya 120.000 ton minyak mentah ke laut. Kejadian ini menjadi salah satu bencana lingkungan paling parah dalam sejarah dan memperlihatkan kekurangan dalam manajemen keselamatan kapal pada saat itu.

Pada tahun yang sama, IMO mulai mengembangkan ISM Code untuk memastikan bahwa kapal-kapal memenuhi standar keselamatan yang lebih tinggi.

Apa itu ISM Code?

ISM Code adalah standar keselamatan internasional yang dirancang untuk memastikan bahwa kapal-kapal yang beroperasi di perairan internasional mematuhi sistem manajemen keselamatan yang efektif. ISM Code mendorong perusahaan pengoperasian kapal untuk memiliki dan mempraktikkan prosedur keselamatan yang tepat dan efektif.

Sistem manajemen keselamatan kapal meliputi tiga elemen utama:

1. Kebijakan Keselamatan

Ini termasuk pengembangan kebijakan keselamatan kapal dan memberikan arahan dan sumber daya yang diperlukan untuk memastikan kepatuhan terhadap ISM Code.

2. Penilaian Risiko

Ini mencakup pengidentifikasian, penilaian, dan pengendalian risiko yang terkait dengan operasi kapal. Hal ini termasuk pengembangan prosedur untuk menghindari kecelakaan, bencana lingkungan, dan kerugian lainnya.

3. Pengoperasian Kapal

Ini mencakup semua aspek operasional kapal, termasuk pemeliharaan, pelatihan kru, dan manajemen keselamatan harian.

Mengapa ISM Code Penting?

ISM Code sangat penting untuk memastikan keselamatan kapal dan mencegah kecelakaan atau bencana lingkungan. Dengan menerapkan sistem manajemen keselamatan yang efektif, perusahaan pengoperasian kapal dapat memastikan bahwa kapal-kapal mereka beroperasi dengan aman dan memenuhi semua persyaratan hukum dan regulasi internasional.

Kapal-kapal yang tidak mematuhi ISM Code dapat dilarang beroperasi di perairan internasional dan perusahaan pengoperasian kapal dapat dikenakan sanksi dan denda.

Baca juga: Mengenal Aturan ISM Code

Konsultasi ISM Code SMK PerkapalanKesimpulan

Dalam kesimpulannya, ISM Code merupakan sebuah standar internasional untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan awak kapal dan lingkungan di sekitar kapal. Implementasi ISM Code diperlukan untuk memastikan bahwa kapal-kapal di seluruh dunia beroperasi dengan standar keselamatan yang sama. Hal ini sangat penting untuk mengurangi risiko kecelakaan laut dan kerusakan lingkungan.

Dalam implementasinya, ISM Code memerlukan peran aktif dari semua pihak terkait, termasuk perusahaan pelayaran, awak kapal, dan pemerintah. Penerapan ISM Code juga membutuhkan pengawasan dan evaluasi secara terus menerus agar kapal-kapal tetap mematuhi standar keselamatan yang ditetapkan.

Dengan pemahaman yang tepat tentang ISM Code, kita dapat menghargai pentingnya peran yang dimainkan oleh standar keselamatan internasional ini dalam industri pelayaran. Kita juga dapat memastikan bahwa kapal-kapal yang beroperasi di seluruh dunia mematuhi standar keselamatan yang sama, sehingga kita dapat menjaga keamanan dan kesejahteraan awak kapal dan lingkungan yang terkait dengan kegiatan pelayaran.

Pertanyaan Umum tentang ISM Code

  1. Siapa yang harus mematuhi ISM Code?
  • Semua kapal yang berbendera suatu negara yang menandatangani Konvensi SOLAS harus mematuhi ISM Code.
  1. Apa yang terjadi jika sebuah kapal tidak mematuhi ISM Code?
  • Kapal yang tidak mematuhi ISM Code dapat ditunda atau dilarang untuk beroperasi.
  1. Apa yang dimaksud dengan SMS?
  • SMS merupakan singkatan dari Safety Management System, yang merupakan bagian penting dari implementasi ISM Code.
  1. Apa yang harus dilakukan untuk mematuhi ISM Code?
  • Perusahaan pelayaran harus memiliki SMS yang sesuai dengan standar ISM Code, dan kapal-kapal harus menjalankan SMS tersebut secara efektif.
  1. Apa yang harus dilakukan jika terjadi pelanggaran ISM Code?
  • Pelanggaran ISM Code harus segera dilaporkan dan diperbaiki, dan perusahaan pelayaran harus melakukan tindakan korektif untuk mencegah terulangnya pelanggaran tersebut.

Dengan memahami pertanyaan-pertanyaan umum tentang ISM Code, kita dapat lebih memahami bagaimana aturan keselamatan internasional ini diterapkan dan mengapa penting untuk mematuhi standar keselamatan ini dalam industri pelayaran.

Rate this post
Bagikan halaman ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Submit