October 11, 2022

Apa yang membedakan QHSE dan HSE?

Penulis : HRF

Setiap perusahaan memiliki standar dan manajemen masing-masing yang dirancang berdasarkan kebutuhan bisnis perusahaan. Mulai dari standar produksi, keamanan hingga pemasaran.

 

Namun, untuk mewujudkan operasional perusahaan yang aman dan sesuai ketentuan yang berlaku, berbagai standar tingkat internasional maupun nasional ditetapkan agar ada tolok ukur dan panduan dasar yang sama bagi perusahaan. Salah satunya yaitu manajemen QHSE dan HSE.

 

QHSE atau Quality, Health, Safety and Environment merupakan suatu sistem manajemen yang mengintegrasikan tiga standar internasional dalam operasional perusahaan. Tiga standar tersebut yaitu Quality ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu, Health & Safety yaitu ISO 45001 Sistem Manajemen K3 dan Environment ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan.

 

Sementara HSE atau Health, Safety and Environment pada dasarnya bagian dari QHSE. Namun pada manajemen ini belum mengintegrasikan standar Kualitas atau kualitas dalam operasional perusahaan. 

 

Hal ini tidak terlepas dari ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu yang belum wajib bagi perusahaan. Sedangkan Sistem Manajemen K3 dan Lingkungan wajib bagi perusahaan, sehingga munculah manajemen HSE.

 

Perbedaan QHSE dan HSE

QHSE dan HSE memiliki perbedaan yang cukup mendasar, terutama dengan keberadaan dan penerapan standar yang saling menguntungkan antara dua sistem manajemen tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya;

 

  • Fokus dan Keluaran

Perbedaan pertama yaitu fokus dan keluaran dari penerapan dua sistem manajemen ini. QHSE yang menerapkan ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu memiliki fokus dan output akhir yaitu produk atau jasa yang sesuai dengan kepuasan pelanggan dengan mempertimbangkan K3 dan lingkungan.

Sementara HSE, memiliki fokus dan output akhir yaitu menjaga keselamatan kerja dan lingkungan agar tetap terkendali dan tidak mengganggu operasional produksi dan kinerja perusahaan.

 

  • Pihak yang Berkepentingan

Perbedaan selanjutnya yaitu pada pihak yang berkepentingan dalam dua sistem manajemen ini. Pada QHSE, pelanggan merupakan pihak yang paling penting sebagai acuan bagi perusahaan dalam mencapai kualitas produk atau jasa yang terbaik.

Sedangkan HSE, lebih mengutamakan pihak internal dan eksternal yang terlibat dalam operasional perusahaan. 

 

Manfaat QHSE

QHSE memberikan berbagai manfaat kepada perusahaan. Selain sebagai sistem manajemen yang terintegrasi dengan berbagai standar internasional, berikut manfaat lainnya yang diperoleh perusahaan;

  • Meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan
  • Memproduksi produk atau jasa sesuai kebutuhan pasar atau pelanggan
  • Dapatkan feedback positif dari pelanggan
  • Menurunkan risiko kecelakaan kerja
  • Menurunkan risiko kerusakan lingkungan
  • Meningkatkan citra perusahaan

 

Kualitas produk dan jasa merupakan hal penting dalam menjaga kinerja bisnis perusahaan, agar mampu mempertahankan pelanggan dan mencari pasar yang lebih luas. Dengan produk atau jasa yang memiliki standar mutu yang baik, perusahaan juga akan terus bisa berkompetitif di tengah persaingan pasar hari ini.

Konsultasi Sistem Manajemen Terintegrasi (Mutu, K3, dan Lingkungan) Berdasarkan ISO 9001; ISO 45001; dan ISO 14001

4.5/5 - (2 votes)
Bagikan halaman ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment