June 15, 2023

Basic Sea Survival: Keterampilan dan Tips Dasar untuk Tetap Aman di Laut

Basic Sea Survival: Keterampilan dan Tips Dasar untuk Tetap Aman di Laut

Laut menjadi salah satu tempat paling banyak untuk dikunjungi dengan segala keindahan dan daya tariknya, baik untuk berwisata ataupun menjadi tempat lokasi kerja. Tidak sedikit perusahaan yang beroperasi di laut, seperti pelabuhan hingga tambang minyak.

Meski demikian, laut juga menjadi salah satu tempat yang memiliki risiko kecelakaan dengan fatalitas yang cukup tinggi. Oleh sebab itu penting bagi kita semua untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar tentang keamanan dan keselamatan di laut atau yang lebih sering dikenal dengan Basic Sea Survival.

Memiliki keterampilan dan pengetahuan dasar tentang survival di laut sangatlah penting untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam situasi darurat. Dalam Artikel ini kita akan membahas panduan tentang keterampilan dasar sea survival untuk menghadapi tantangan dan meningkatkan peluang bertahan hidup dalam situasi darurat di laut;

 

Memahami Pentingnya Keterampilan Sea Survival

Basic Survival Sea adalah kemampuan untuk bertahan hidup di perairan lepas saat dalam kondisi darurat. Basic Survival Sea ini menjadi pelatihan dasar yang harus diikuti oleh seluruh orang yang bekerja di lautan lepas sebagai panduan untuk penyelamatan diri jika terjadi kecelakaan kerja.

 

Secara umum terdapat dua hal dasar yang harus dipahami oleh kita semua terkait Basic Sea Survival, yaitu: 

 

  • Potensi Bahaya di Laut

Penting bagi kita semua untuk memiliki pemahaman terkait jenis-jenis bahaya yang mungkin terjadi di laut, seperti terbaliknya kapal, tenggelamnya kapal, atau terdamparnya kapal di tengah perairan lepas. Pemahaman akan risiko bahaya ini akan membantu Anda mempersiapkan diri dan merespons situasi darurat dengan lebih baik.

 

  • Memiliki Mental Siap Bertahan

Basic Sea Survival menekan pentingnya mental untuk menghadapi potensi keadaan darurat di laut dalam upaya untuk bertahan hidup. Mental siap bertahan ini akan membantu kita untuk tetap tenang, berani dan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam situasi darurat sehingga akan menjaga peluang untuk bertahan hidup.

 

Baca juga : Keterampilan yang Diperlukan untuk Menjadi Teknisi K3 Listrik

 

Mengenali Perlengkapan Sea Survival

Setiap kendaraan transportasi dilengkapi dengang peralatan pelindungan diri, termasuk kapal ataupun pesawat terbang yang sering melintasi daerah perairan lepas. Terdapat beberapa perlengkapan Sea Survival yang harus kita ketahui fungsi dan pemakaiannya, seperti:

 

  • Jaket Pelampung merupakan perlengkapan wajib saat berada di laut. Pastikan jaket pelampung Anda dalam kondisi baik dan sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku.

 

  • Senter Air atau Senter Darurat merupakan alat yang penting untuk memberikan sinyal keberadaan Anda kepada penyelamat atau kapal lain yang mungkin berada di sekitar Anda.

 

  • Alat Komunikasi merupakan barang wajib yang harus Anda untuk menghubungi pihak berwenang atau orang lain di darat jika terjadi keadaan darurat. Radio VHF atau telepon satelit dapat menjadi pilihan yang baik.

 

  • Kit pertolongan pertama berisikan peralatan dasar seperti perban, plester, obat-obatan, dan instruksi pertolongan pertama.

 

Baca juga : Mengembangkan Program K3 Kimia yang Tepat di Tempat Kerja 

 

Teknik dan Strategi Basic Sea Survival

Basic Sea Survival tidak hanya perlu diketahui oleh para pekerja, namun juga untuk masyarakat secara umum. Terutama terkait teknik dan strategi dasar dalam Sea Survival, diantaranya;

 

  • Tetap Bersama dengan Kapal

Jika kapal yang Anda tumpangi terbalik atau tenggelam, tetaplah bersama dengan kapal tersebut. Kapal dapat menjadi tempat perlindungan sementara yang dapat mempertahankan kondisi fisik Anda dan mempermudah proses penyelamatan.

 

  • Mengenakan Jaket Pelampung dengan Benar

Pastikan Anda dan semua orang di kapal mengenakan jaket pelampung dengan benar. Periksa kembali pengaturan dan ikatan pada jaket pelampung untuk memastikan keamanan dan kenyamanan.

 

  • Mengetahui Cara Berenang yang Efektif

Keterampilan berenang yang baik dapat membantu Anda bertahan di laut. Pelajari teknik berenang dasar dan praktikkan secara teratur untuk meningkatkan keahlian Anda.

 

  • Mencari Tanda-Tanda Penyelamatan

Jaga kewaspadaan terhadap tanda-tanda penyelamatan, seperti kapal, helikopter, atau objek apapun yang dapat menjadi tanda keberadaan manusia atau daratan. Gunakan alat pemancar darurat yang Anda miliki untuk memberikan sinyal kepada penyelamat.

 

Baca juga : Peran Manajemen dalam Sistem Manajemen K3: Memimpin Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja

 

Kesimpulan

Memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar sea survival sangatlah penting saat berada di laut. Mulai dari persiapan keamanan diri sendiri, pemahaman akan risiko dan bahaya di laut, serta penggunaan perlengkapan dan teknik yang tepat dapat meningkatkan peluang bertahan hidup Anda dalam situasi darurat. Dengan mengikuti panduan keterampilan dan tips dasar sea survival ini, Anda akan lebih siap dan dapat menghadapi situasi darurat di laut dengan lebih baik, menjaga keselamatan Anda dan orang lain yang berada di sekitar Anda.

 

Training Basic Sea Survival

Synergy Solusi Surabaya menyelenggarakan

Berbagai macam Pelatihan Setiap Bulannya!

Segera Daftarkan diri anda ke Contact Person Kami

Iqbal |¬†[email protected]¬†|¬†08119334860¬†

 

5/5 - (1 vote)
Bagikan halaman ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Submit