April 27, 2020

5 Prinsip Mengingatkan Rekan Kerja dalam Inspeksi Safety

5 Prinsip Mengingatkan Rekan Kerja dalam Inspeksi Safety

Inspeksi K3 atau Kesehatan Keselamatan Kerja dapat membantu perusahaan dalam mencegah kecelakaan, cedera dan penyakit akibat kerja (PAK). Melalui pemeriksaan yang dilakukan secara kritis dan sistematis, inspeksi K3 bisa membantu mengidentifikasi dan mencatat berbagai potensi bahaya guna tindakan perbaikan di tempat kerja.

 

Dalam Inspeksi K3, kita wajib memeriksa dan mendeteksi semua faktor (peralatan, proses kerja, material, area kerja, prosedur) yang berpotensi menimbulkan cedera atau PAK, sehingga kecelakaan kerja ataupun kerugian dapat dicegah atau diminimalkan. Inspeksi K3 diperlukan untuk menemukan sumber-sumber bahaya yang mengakibatkan kerugian dan segera menentukan tindakan perbaikan yang diperlukan untuk mengendalikan bahaya tersebut.

 

Siapapun memiliki hak untuk mengingatkan rekan kerjanya yang melakukan pekerjaannya tidak dengan kaidah-kaidah keamanan kerja. Saling mengingatkan merupakan elemen penting dalam inspeksi K3. Namun kita harus memperhatikan beberapa prinsip dalam mengingatkan rekan kerja. Yuk simak infografik berikut ini:

 

Rate this post
Bagikan halaman ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Submit