Workshop K3 | Menjaga keselamatan kesehatan kerja dalam operasi industri, pasti harus melibatkan seluruh pihak yang terlibat, baik pekerja, tamu, kontraktor atau dengan karyawan outsourcing yang dibawanya. Bagaimana menjaga safety di kelompok kontraktor beserta pekerjanya, maka PLN juga menerapkan Contractor Safety Management System (CSMS)

CSMS adalah Suatu metode operasi pengendalian yang sistematis dan terorganisir  untuk mengontrol, memonitor dan memperbaiki penyelenggaraan/pelaksanaan program HSE kontraktor pada setiap jenis kegiatan yang menjadi tanggung jawab pemegang kontrak untuk mencegah kerugian pada bisnis unit yang dijalankan. Tidak hanya disitu, Contractor Safety Management System (CSMS) wajib diterapkan oleh seluruh mitra kerja dan kontraktor.

Mengapa perusahaan wajib menerapkan CSMS?

  1. Mengurangi angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja terutama yang banyak diakibatkan oleh para kontraktor perusahaan.
  2. Mengendalikan keselamatan kerja kontraktor di lingkungan kerja perusahaan.
  3. Menjadi syarat untuk dapat lolos prakualifikasi pada pengambilan tander.
  4. Meningkatkan kinerja K3 perusahaan.
  5. Membangun citra positif perusahaan

Dalam hal ini, PT PLN (Persero) berkomitmen untuk terus melakukan upaya perbaikan peningkatan kinerja K3 diseluruh wilayah kerja khususnya PT PLN (Persero) UID Banten bersama mitra kerja dan lingkungan masyarakat di sekitar dengan tujuan utama adalah zero accident.

Dari hasil inspeksi dan audit penerapan K3 oleh seluruh vendor, tindakan tidak aman dan kondisi tidak aman masih ditemukan di lingkungan kerja vendor belakangan ini, sehingga PT PLN (Persero) UID Banten mengambil langkah inisiatif untuk  memberikan refreshment dan sosialisasi secara berkala mengenai pentingnya penerapan CSMS ini untuk mencapai visinya.

Pada 17 November 2020, PT PLN (Persero) UID Banten menyelenggarakan virtual workshop K3 dengan tema “Meningkatkan Budaya K3 Melalui Implementasi Contractor Safety Management System”. Kegiatan workshop dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya, Mars PLN serta sambutan oleh Agus Sapto Widodo selaku General Manager PT PLN (Persero) UID Banten. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan awareness terhadap kesehatan dan keselamatan kerja baik di lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Banten maupun di lingkungan mitra kerja.

workshop k3

Dalam sambutannya, beliau mengatakan, “Diharapkan dalam pelaksanaan pekerjaan diseluruh institusi yang bekerja di wilayah PT PLN (Persero) UID Banten, kontraktor dan kita selaku project owner harus memastikan bahwa proses bisnis yang dilakukan harus selalu mempertimbangkan aspek keselamatan kerja. Kita semua wajib untuk dapat mencegah dan memitigasi terjadinya kecelakaan atau penyakit akibat kerja yang dapat terjadi di area kita. Keselamatan ini bukan hanya di pundak departemen HSE dan kontraktor saja, melainkan menjadi tanggung jawab kita semua” ucap Agus Sapto Widodo, General Manager PT PLN (Persero) UID Banten. Semoga upaya ini dapat menjadi salah satu faktor kesuksesan perusahaan untuk mencapai visinya yaitu diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang, Unggul dan terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani.

 

Sumber: synergy solusi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment