April 17, 2020

Mengenal Apa itu Ketel Uap (Boiler) dan Cara Perawatannya

Apa itu Ketel Uap (Boiler) ?

Dalam pabrik kelapa sawit, ketel uap ( boiler ) merupakan jantung dari sebuah pabrik kelapa sawit. Di mana, ketel uap ini lah yang menjadi sumber tenaga dan sumber uap yang akan dipakai untuk mengolah kelapa sawit. Di sini, kita akan membahas lebih lanjut tentang ketel uap yang digunakan di pabrik kelapa sawit.

 

Apa itu Ketel Uap?

Ketel uap atau boiler  adalah alat konversi energi yang mengubah udara menjadi uap dengan cara pemanasan. Panas yang dibutuhkan udara untuk penguapan tersebut diperoleh dari pembakaran bahan bakar pada ruang bakar ketel uap.

Uap atau energi kalor yang dihasilkan ketel uap tersebut dapat digunakan pada semua peralatan yang membutuhkan uap di pabrik kelapa sawit terutama turbin.

 

Mengenal Komponen Utama Boiler

Komponen boiler adalah kumpulan alat atau unit proses yang merupakan bagian dari boiler . Setiap komponen memiliki fungsi yang berbeda-beda dan terhubung dengan komponen lainnya sesuai alur proses. Dengan memahami setiap fungsi komponen pada boiler , maka Anda dapat mengetahui prinsip kerja boiler dengan lebih detail.

  1. Drum Ketel , berfungsi sebagai tempat berlindung udara panas serta tempat terbentuknya uap. Drum ini menampung uap jenuh ( saturated steam ) beserta udara dengan perbandingan antara 50% udara dan 50% uap. Drum ketel dipasang sekat-sekat agar udara tidak terbawa oleh uap. Udara yang bersuhu rendah akan turun ke bawah dan udara yang bersuhu tinggi akan naik ke atas dan kemudian menguap.
  1. Superheater , merupakan tempat mengeringkan steam , dikarenakan uap yang berasal dari drum ketel masih dalam keadaan basah sehingga belum dapat digunakan. Proses pemanasan lanjutan menggunakan pipa superheater yang dipanaskan dengan suhu 260¬įC hingga 350¬įC. Dengan suhu tersebut, uap akan menjadi kering dan dapat digunakan untuk menggerakkan turbin maupun untuk keperluan peralatan lainnya.
  2. Penghemat Economizer  berfungsi menyerap panas dari gas hasil pembakaran setelah melewati  superheater . Pemanasan udara ini dilakukan agar perbedaan suhu antara pengisi udara dengan udara yang ada dalam drum ketel tidak terlalu tinggi, sehingga tidak terjadi  thermal stress  (tegangan yang terjadi karena adanya pemanasan) di dalam drum utama . Selain itu, dengan memanfaatkan gas sisa pembakaran, maka akan meningkatkan efisiensi boiler dan proses pembentukan uap lebih cepat.
  1. Pemanas Udara Uap Komponen ini merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan udara yang digunakan untuk menghembus/meniup bahan bakar agar dapat terbakar sempurna. Udara yang akan dihembuskan, sebelum melewati air heater memiliki suhu yang sama dengan suhu udara normal, yaitu 38¬įC. Namun, setelah melalui pemanas udara , suhu udara tersebut akan meningkat menjadi 230¬įC.

Synergy Solusi menyelenggarakan

Operator Boiler Sertifikasi Kemnaker RI Setiap Bulannya!

Segera Daftarkan diri Anda ke Contact Person Kami

Iqbal |¬† [email protected] ¬†|¬† 08119334860

Cara Perawatan Boiler

Perawatan boiler   adalah kegiatan agar fasilitas atau aset yang dirawat selalu berada dalam keadaan yang dikehendaki.

Tujuan perawatan yang paling efektif dan optimal adalah tercapainya keadaan-keadaan sebagai berikut :

  • Meningkatkan kemampuan produksi
  • Menjaga kualitas produksi tanpa mengganggu kelancaran produksi
  • Menjaga agar boiler dapat bekerja dengan aman
  • Menjamin kesiapan operasional dari seluruh peralatan yang diperlukan dalam keadaan darurat setiap waktu.

Komponen boiler yang tidak dirawat dengan baik dan benar akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Untuk menghindari terjadinya kerugian tersebut, Synergy Solusi hadir untuk membantu perusahaan Anda dalam mengelola risiko-risiko yang dapat terjadi akibat kerusakan boiler .

Baca juga: Klasifikasi Ketel Uap (Boiler)

Kami di sini juga akan membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui strategi dan melakukan perawatan boiler yang benar dengan beberapa langkah, yaitu perawatan boiler secara preventif ( preventif maintenance ), perawatan boiler secara korektif ( Corrective maintenance ), perawatan boiler secara reaktif ( break down ). ). ). ). maintenance ), perawatan boiler secara deteksi dini ( predictive maintenance ), dan juga perawatan boiler secara proaktif ( proactive maintenance ). Anda siap berkolaborasi ? Informasi lebih lanjut dapat menghubungi http://synergysolusi.com

Sumber :

Olah Tim Penulis   www.digitalfinger.id dari   https://sawitindonesia.com/

Pelatihan Operator Boiler

5/5 - (1 vote)
Bagikan halaman ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Submit