June 10, 2016

PT Pindad (Persero) Luncurkan 4 Senjata Terbarunya

PT Pindad (Persero) meluncurkan empat senjata terbarunya, Kamis (9/6/2016).

Empat senjata yang diluncurkan itu berjenis senapan serbu SSB, senapan serbu SS2 subsonic 5,66 mm, sub machine gun PMS, dan pistol G2 premium.

Berapakah harga senjata tersebut? Direktur Komersial PT Pindad, Widjajanto mengungkapkan, senapan jenis pistol G2 premium harganya sekitar Rp 35 juta. ‚ÄúHarga ini sudah termasuk pajak,‚ÄĚ kata dia di Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat.

‚ÄúTetapi, kalau harga untuk anggota TNI berbeda lagi karena TNI dibebaskan pajak,‚ÄĚ kata Widjajanto.

Mengenal 4 Senapan Terbaru PT. Pindad

  1. Senapan serbu SSB

Senapan serbu SSB adalah singkatan dari Senapan Serbu Bullpup. Ini adalah senjata api yang dirancang oleh PT Pindad, perusahaan senjata api Indonesia. Senapan serbu SSB memiliki desain bullpup, yang berarti magazen dan mekanisme tembak diletakkan di belakang pelatuk. Keuntungan dari desain ini adalah senjata api menjadi lebih ringkas dan mudah dibawa, tanpa mengurangi panjang laras dan akurasi.

 

Selain itu, senapan ini memiliki kaliber 5,56 x 45 mm, yang sama dengan senapan serbu SS2 yang juga diproduksi oleh Pindad. Senapan serbu SSB memiliki panjang total 720 mm, dengan panjang laras 460 mm. Berat senjata api tanpa peluru adalah 3,8 kg, dan dengan peluru adalah 4,2 kg. Senapan serbu SSB dapat menembakkan peluru dengan kecepatan 900 m/s, dan memiliki jarak tembak efektif hingga 400 meter.

2. Senapan serbu SS2

Senapan serbu SS2 adalah senjata api buatan PT Pindad, perusahaan senjata api Indonesia. SS2 adalah generasi kedua dari senapan serbu SS1, yang memiliki desain yang lebih ergonomis, ringan, dan akurat. SS2 menggunakan peluru kaliber 5,56 x 45 mm standar NATO, dan memiliki berbagai varian untuk berbagai keperluan.

Beberapa varian SS2 adalah:

  • SS2-V1: Senapan serbu standar dengan panjang laras 460 mm dan jarak tembak efektif 400 meter.
  • SS2-V2: Senapan serbu karabin dengan panjang laras 368 mm dan jarak tembak efektif 300 meter.
  • SS2-V4: Senapan serbu dengan laras yang diperkokoh (heavy barrel) untuk meningkatkan akurasi dan daya tahan.¬†SS2-V4 juga dilengkapi dengan teleskop ACOG untuk menembak jarak jauh
  • SS2-V5: Senapan serbu subkompak dengan panjang laras 255 mm dan jarak tembak efektif 200 meter.¬†SS2-V5 cocok untuk pertempuran jarak dekat dan memiliki mobilitas tinggi
  • SS2-V7: Senapan serbu dengan peredam suara (silencer) untuk menembak secara senyap.¬†SS2-V7 juga menggunakan amunisi subsonik yang memiliki kecepatan lebih rendah dari kecepatan suara

3. Sub Machine Gun PMS

Sub machine gun PMS memiliki sistem penembakan gas operated, yang berarti gas yang dihasilkan oleh peluru yang ditembakkan digunakan untuk menggerakkan mekanisme tembak. Keuntungan dari sistem ini adalah senjata api menjadi lebih andal, ringan, dan mudah dirawat

Sub machine gun PMS memiliki panjang total 600 mm, dengan panjang laras 200 mm. Berat senjata api tanpa peluru adalah 2,8 kg, dan dengan peluru adalah 3,2 kg. Sub machine gun PMS dapat menembakkan peluru dengan kecepatan 350 m/s, dan memiliki jarak tembak efektif hingga 100 meter.

Sub machine gun PMS memiliki beberapa fitur canggih, seperti rel picatinny untuk memasang aksesoris seperti teleskop, laser, atau lampu. Sub machine gun PMS juga memiliki popor lipat, yang dapat disesuaikan dengan panjang lengan pengguna. Sub machine gun PMS juga dapat dilengkapi dengan peredam suara (silencer), untuk menembak secara senyap

4. Pistol G2 premium

Pistol G2 premium adalah pistol buatan PT Pindad, perusahaan senjata api Indonesia. Pistol ini merupakan pengembangan dari varian G2 lainnya, seperti G2 Combat dan G2 Elite. Pistol ini menggunakan amunisi kaliber 9 mm, dan memiliki jarak tembak efektif hingga 25 meter. Pistol ini ditujukan bagi para atlet menembak, baik militer maupun sipil.

Pistol G2 premium memiliki beberapa fitur canggih, seperti desain dan frame yang ergonomis, laras sepanjang 5 inci, sistem tembakan semi otomatis, dan rel picatinny untuk memasang aksesoris. Pistol ini juga memiliki kapasitas magazen 15 putaran, dan berat 1,1 kg tanpa peluru.

Untuk senjata jenis pistol G2 premium, ia mengatakan bahwa senjata jenis ini khusus diperuntukkan bagi atlet menembak. Ketua Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Bambang Trihatmojo mengatakan, Perbakin sudah memesan sebanyak 2.000 unit melalui PT Perbakin Lokta Karya.

‚ÄúNantinya kami dari Perbakin akan mengajukan ke federasi menembak internasional untuk sertifikasi sehingga nantinya pistol itu dapat digunakan dalam kejuaraan tingkat internasional,‚ÄĚ kata Bambang. Rencananya, pistol dengan jarak efektif menembak sejauh 25 meter itu akan digunakan atlet Indonesia cabang menembak dalam ajang Asian Games 2018 di Jakarta.

5/5 - (1 vote)
Bagikan halaman ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment