August 29, 2023

Konsultan ISO 45001

Apa itu Standar Manajemen Kesehatan dan Keselamatan ISO 45001

Apa itu Standar Manajemen Kesehatan dan Keselamatan ISO 45001

ISO 45001 adalah standar internasional untuk kesehatan dan keselamatan di tempat kerja yang dikembangkan oleh komite standar nasional dan internasional yang independen terhadap pemerintah.

Menerapkan ISO 45001 dapat membantu organisasi Anda menunjukkan kepatuhan terhadap undang-undang kesehatan dan keselamatan. Namun, dalam beberapa hal, hal ini melampaui apa yang diwajibkan oleh undang-undang, jadi pertimbangkan baik-baik apakah akan mengadopsinya.

Jika organisasi Anda sudah memiliki struktur manajemen kesehatan dan keselamatan yang dikembangkan, atau Anda sudah familiar dengan standar manajemen lainnya, mungkin mudah bagi Anda untuk mengadopsi ISO 45001. Namun, jika organisasi Anda kecil, dengan proses manajemen yang kurang formal, Anda mungkin merasa sulit untuk:

  • Menafsirkan apa yang diminta standar
  • Mengukur seperti apa implementasi yang proporsional

Hal ini mungkin terjadi terutama jika Anda mengadopsi standar manajemen untuk memenuhi persyaratan rantai pasokan pelanggan atau kontraktor.

Penting untuk mempertimbangkan dengan cermat hal-hal berikut:

  • Penerapan praktis standar ini, termasuk audit dan sertifikasi
  • Apakah risiko tersebut dapat dengan mudah disesuaikan agar berfungsi secara efektif untuk ukuran dan kompleksitas organisasi Anda dengan cara yang sebanding dengan risiko yang harus Anda kendalikan.

Oleh karena itu, lembaga kontraktor dan pelanggan harus bertanya pada diri mereka sendiri apakah pemasok benar-benar memerlukan sertifikasi hingga 45001, atau apakah mereka dapat menunjukkan kompetensi dalam mengelola kesehatan dan keselamatan dengan menggunakan cara lain.

Inspektur HSE akan terus mengandalkan berbagai bukti dan pengamatan ketika menilai kepatuhan organisasi terhadap undang-undang kesehatan dan keselamatan, tidak hanya apakah mereka mengklaim memenuhi standar ISO 45001 atau tidak.

Organisasi Anda dapat menerapkan standar ini pada aktivitas Anda (secara keseluruhan, atau sebagian) untuk membantu memberikan bukti manajemen kesehatan dan keselamatan yang baik, serta perbaikan yang dilakukan, tanpa mendapatkan sertifikasi. Namun, Anda hanya dapat mengklaim telah mematuhi standar jika standar tersebut diterapkan sepenuhnya.

 

Audit

Untuk menerapkan ISO 45001 secara proporsional, auditor atau lembaga sertifikasi harus memahami bahwa hal ini:

  • Disesuaikan dengan ukuran dan tingkat kompleksitas organisasi
  • Sebanding dengan risikonya

Anda harus memastikan bahwa auditor atau lembaga sertifikasi yang Anda gunakan memiliki bukti bahwa mereka kompeten terhadap standar yang diakui, seperti ISO 19011:2011 atau bagian yang relevan dari seri ISO 17021:2011.

Lembaga sertifikasi harus diakreditasi oleh Layanan Akreditasi Indonesia untuk ISO 45001 atau badan yang setara

 

Standar produk

Saran di halaman ini hanya berkaitan dengan standar sistem manajemen kesehatan dan keselamatan ISO 45001.

HSE terus menyadari pentingnya peran standar produk dalam:

  • Memberikan perlindungan konsumen dan pekerja
  • Menyediakan lapangan bermain yang setara bagi dunia usaha
  • Memungkinkan perdagangan dengan negara lain

Bantuan terkait ISO 45001 dari Synergy Solusi

Anda bisa mendapatkan saran eksternal untuk membantu mematuhi standar namun organisasi Anda akan tetap bertanggung jawab secara hukum atas pengendalian risiko sehari-hari.

Jika Anda memilih untuk menggunakan pihak ketiga (termasuk auditor dan lembaga sertifikasi) mintalah bukti dari mereka bahwa mereka mempunyai pengalaman menerapkan standar secara proporsional di berbagai ukuran, jenis, dan sektor usaha.

Synergy solusi memberikan solusi terkait ISO 45001 yang Anda butuhkan dengan pendekatan proses bisnis Anda. Synergy solusi memiliki konsultan berpengalaman di bidang kesehatan dan keselamatan kerja sejak tahun 2008.

Inquiry Konsultasi ISO 45001

Konsultasi ISO 45001

Rate this post
Bagikan halaman ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Submit