June 15, 2023

Panduan Lengkap Persiapan Sebelum Berlayar Untuk Bertahan Di Laut

Panduan Lengkap Persiapan Sebelum Berlayar Untuk Bertahan Di Laut

Pahami tentang persiapan sebelum berlayar, Laut merupakan perairan yang menghubungkan daratan dengan daratan. Laut mempunyai air asin yang memiliki warnah biru yang dapat mempesona setiap mata yang memandangnya. Mengarungi lautan merupakan pengalaman yang memikat, namun juga penuh tantangan. Karena laut memberikan pesona alam yang tidak terbantahkan dan laut mempunyai begitu kekayaan di dasar permukaannya.

 

Berada di laut merupakan pengalaman yang menarik, namun juga dapat menjadi situasi yang berbahaya. Dalam keadaan darurat di laut, pengetahuan dan persiapan untuk bertahan hidup sangatlah penting. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara bertahan di laut, termasuk perlengkapan, teknik, dan strategi yang dapat membantu Anda menjaga keselamatan dan meningkatkan peluang bertahan hidup dalam situasi darurat di laut.

 

Persiapan Sebelum Berlayar

Persiapan sebelum berlayar merupakan langkah penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama menempuh perjalanan di laut. Untuk memastikan perjalanan anda aman dan nyaman dalam mengitari lautan, maka sebelum berlayar, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan anda menyenangkan dan dapat menghadapi situasi darurat sekalipun, berikut persiapannya; 

 

1. Pelajari Peraturan Keselamatan Maritim

Peraturan keselamatan maritim ini merupakan aturan dan pedoman yang ditetapkan untuk memastikan keadaan dan keselamatan semua pihak saat berada di perairan, termasuk itu kapal, awak kapal maupun penumpang. Mengetahui dan mematuhi peraturan keselamatan maritim ini bagian dari langkah pertama yang harus dipelajari. Oleh karena itu sebelum melakukan perjalanan laut, anda harus mempelajari  aturan dan regulasi terkait keselamatan, termasuk tentang pemakaian jaket pelampung, alat komunikasi, dan prosedur evakuasi.

 

2. Siapkan Perlengkapan Keselamatan

Pastikan Anda memiliki perlengkapan keselamatan yang memadai, seperti jaket pelampung, senter air, cermin sinyal, perahu karet, dan bahan makanan dan minuman yang cukup untuk keperluan darurat. Sehingga dengan perlengkapan yang memadai, anda dapat bertahan dalam kondisi apapun.

 

3. Beritahu Orang Lain tentang Rencana Perjalanan

Anda juga harus memberitahu terkait rencana perjalanan anda dalam mengitari lautan, baik rute perjalanan maupun jarak dan waktu yang diperlukan dalam menempuh rute tersebut. Hal ini bertujuan agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan, orang tersebut juga dapat memberikan pertolongan kepada anda dan membantu proses pencarian anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga beri tahulah perjalanan anda kepada  orang lain dan berikan informasi kontak yang dapat dihubungi jika terjadi keadaan darurat.

 

Baca juga : Basic Sea Survival: Keterampilan dan Tips Dasar untuk Tetap Aman di Laut

 

Menghadapi Kecelakaan Kapal

Kecelakaan kapal adalah situasi darurat yang dapat terjadi di laut. Menghadapi kecelakaan kapal adalah situasi yang memerlukan respon yang cepat dan tepat untuk menjaga keselamatan semua orang di atas kapal. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu diambil dalam menghadapi kecelakaan kapal;

 

1. Tetap Tenang dan Kenali Risiko

Dalam menghadapi situasi darurat, pastikan diri anda dalam keadaan tetap tenang dan dapat melakukan evaluasi situasi dengan hati-hati. Anda tidak boleh panik agar dapat menentukan resiko dan menyiapkan rencana penanggulangannya. Oleh karena itu anda harus mengenali risiko yang ada agar segera dapat mengambil tindakan untuk mengurangi bahaya.

 

2. Kenakan Jaket Pelampung

Kenakan jaket pelampung dengan benar dan pastikan semua orang di kapal juga mengenakannya. Jaket pelampung akan membantu Anda tetap mengapung dan meningkatkan peluang bertahan hidup. Sehingga jika terjadi situasi yang buruk, anda dapat bertahan sementara waktu dengan menggunakan pelampung tersebut.

 

3. Tetap Bersama dengan Kapal

Jika kapal tenggelam atau terbalik, tetaplah bersama dengan kapal. Kapal mungkin berfungsi sebagai benda terapung yang dapat membantu Anda bertahan di laut. Jangan mencoba berenang jauh ke tempat lain kecuali jika ada ancaman yang lebih besar, seperti kebakaran. Dengan tetap berada di kapal ini, anda juga secara cepat dapat ditemukan dan diberi pertolongan pertama.

 

4. Cari Bantuan

Kemudian anda juga bisa mencoba untuk mencari bantuan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Cobalah mencari bantuan dengan mengaktifkan alat pemancar darurat, seperti senter air atau cermin sinyal. Jika memungkinkan, gunakan alat komunikasi, seperti radio VHF atau telepon genggam, untuk menghubungi pihak yang berwenang dan memberitahu mereka tentang situasi darurat.

 

Baca juga : Langkah-langkah Menerapkan Sistem Manajemen K3

 

Bertahan di Laut 

Bertahan di laut merupakan situasi yang mengharuskan anda untuk mengandalkan keterampilan dan pengetahuan agar tetap selamat, berikut beberapa tips agar anda dapat bertahan di laut; 

 

1. Cari Penyelamat dan Tanda-Tanda Darat

Jika anda berada dalam keadaan yang terimbang-ambing di kautan dan terpisah dari kapal, maka anda harus mencari pertolongan agar dapat selamat. Salah satu cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan mencari tanda-tanda darat dan mencari pertolongan. Anda dapat menjaga kewaspadaan terhadap kapal lain, helikopter, atau objek apapun yang dapat menjadi tanda keberadaan manusia ataupun daratan.

 

2. Jaga Tubuh Tetap Hangat

Laut akan membuat suhu tubuh Anda akan lebih cepat  turun dibandingkan biasanya. Anda harus melindungi diri agar tetap hangat dan terhindar dari hipotermia. Anda dapat menghindari situasi tersebut dengan menggunakan pakaian dan cara yang tepat, yaitu dengan mengenakan pakaian basah di atas pakaian kering, menutupi kepala dan leher, dan mengatur posisi tubuh agar tetap terapung dan menjaga panas tubuh. Dengan suhu tubuh yang tetap panas, anda dapat bertahan dengan jangka waktu yang panjang.

 

3. Mengatur Konsumsi Air dan Makanan

Jika Anda memiliki pasokan air dan makanan, atur konsumsinya secara bijaksana untuk memperpanjang kelangsungan hidup. Anda harus menggunakan makanan tersebut sebaik dan sehemat mungkin. Kemudian anda harus menghindari minum air laut atau makan makanan yang tidak aman untuk dikonsumsi agar kesehatan anda tetap terjaga.

 

4. Tetap Tenang dan Bertahan

Tetap tenang dan tetaplah bertahan. Jangan berenang terlalu jauh kecuali jika Anda melihat daratan yang pasti atau tanda-tanda penyelamatan. Bertahan hidup di laut membutuhkan ketahanan fisik dan mental. Oleh karena ini anda harus mengeksplor diri anda secara tepat dan bijak agar tetap dapat bertahan dalam situasi apapun

 

Baca juga : Pengenalan Bahaya Listrik

 

Kesimpulan

Menghadapi situasi darurat di laut adalah ujian nyata yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan persiapan yang baik. Dalam situasi darurat, persiapan sebelumnya dan tindakan yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam keselamatan dan peluang bertahan hidup Anda. Dengan mengikuti panduan lengkap untuk bertahan di laut ini, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam menghadapi situasi darurat di laut dan menjaga keselamatan Anda dan rekan-rekan Anda dengan baik.

 

Training Basic Sea Survival

Synergy Solusi Surabaya menyelenggarakan

Berbagai macam Pelatihan Setiap Bulannya!

Segera Daftarkan diri anda ke Contact Person Kami

Iqbal |¬†[email protected]¬†|¬†08119334860¬†

5/5 - (5 votes)
Bagikan halaman ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Submit