November 11, 2020

Transisi Energi Sebagai Solusi Menghemat Bahan Bakar Tak Terbarukan

Transisi Energi Sebagai Solusi Menghemat Bahan Bakar Tak Terbarukan

Transisi Energi | Penggunaan energi listrik merupakan hal yang sangat krusial bagi manusia. Sebelumnya sumber energi yang digunakan adalah sumber-sumber energi yang tidak terbarukan. Fakta mencengangkan didapat dari hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Global Energy Monitor, di mana sejak tahun 1985 sampai dengan tahun 2017, dihimpun sumber terbesar yang digunakan sebagai energi listrik adalah batu bara, diikuti dengan gas bumi, minyak bumi dan terakhir dihuni oleh tenaga surya, angin dan panas bumi.

transisi energitransisi energi

Tak heran dengan kegiatan eksplorasi terus menerus, cadangan sumber energi tak terbarukan semakin menipis. Untuk menjaga keseimbangan kelestarian lingkungan, berbagai organisasi pecinta lingkungan mulai menyuarakan transisi penggunaan sumber energi tak terbarukan menjadi energi terbarukan. Pemerintah menargetkan pangsa pasar bahan bakar fosil akan turun, dari 85% pada 2018 menjadi antara 20% sampai 65% pada 2050, menurut tiga skenario itu. Sebaliknya, pangsa pasar energi terbarukan naik dari 5% menjadi 60%.

Mengapa dalam usaha melakukan transisi, kita masih juga mengandalkan bahan bakar fosil sebagai sumber energi? Pernyataan Prof Iwa Garnia yang dikutip dari listrikindonesia.com, menyatakan bahwa salah kaprah jika kita menganggap energi terbarukan menggantikan energi fosil/konvensional disebut transisi energi. Dirinya mempunyai narasi tersendiri tentang kata “Transisi” karena manusia memang tidak bisa lepas dari ketergantungannya terhadap energi fosil.

Salah satu cara pemerintah dan organisasi dunia mendorong upaya transisi energi di Indonesia, salah satunya dilakukan melalui Pembuatan kebijakan dan peraturan energi terbarukan yang mendukung keberkelanjutan, berkeadilan, dan tata kelola yang baik melalui Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) dan Rancangan Undang-undang Energi Terbarukan (RUU ET), serta memasukkan energi terbarukan dalam agenda prioritas pembangunan daerah.

Synergy Solusi member of Proxsis Group mendukung setiap langkah pemerintah dalam usaha melaksanakan ini melalui kegiatan-kegiatan pendampingan konsultasi, pelatihan, workshop dan seminar-seminar terkiat kelistrikan dan energi. Informasi lebih lanjut terkait layanan yang diberikan oleh Synergy Solusi mengenai kelistrikan dan energi, silakan klik tautan berikut ini.

Rate this post
Bagikan halaman ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment